Energi potensial
29 September, 2020

Energi potensial

  • 0 Comments

Konsep energi potensial:


Energi potensial adalah energi ketinggian. Ini adalah salah satu bentuk energi dalam fisika. Ini adalah energi "potensial" yang diperoleh suatu benda karena berada di bawah pengaruh gravitasi seperti gravitasi bumi atau di bawah pengaruh medan listrik jika benda tersebut memiliki muatan listrik.


Jenis energi potensial:


  • Energi potensial gravitasi.
  • Energi potensial di bawah pengaruh medan listrik.
  • Energi ditempatkan di bawah pengaruh gaya tarik elastis, seperti pegas.


Mengubah energi potensial di ketinggian:


Energi potensial suatu benda berubah saat ketinggiannya di atas tanah. Jika kita mengasumsikan untuk sementara bahwa energi potensial suatu benda di permukaan bumi sama dengan nol, lalu kita melempar batu secara vertikal ke atas, benda tersebut dimulai dengan energi gerak yang tinggi dan segera memperlambat kecepatannya secara perlahan karena gravitasi, dan energi kinetiknya berubah menjadi energi posisi selama ketinggiannya. Sekalipun batu tersebut telah mencapai ketinggian maksimumnya, semua energi kinetiknya diubah menjadi energi potensial. Dan batu dimulai dengan aksi energi posisi untuk bergerak kedua ke bawah, di mana kecepatannya meningkat hingga bertemu dengan tanah, kemudian energi posisinya (yang diperoleh di atas) telah diubah menjadi energi kinetik yang kedua.

Di setiap titik jalur batu selama naik dan turun, jumlah energi gerak dan energi posisinya konstan.


Pendulum dan Mode Energi:


Pendulum jam bergerak membentuk busur di sekitar pusat gravitasinya, jadi kita menemukannya bergerak dari titik tertinggi di sebelah kanan, di mana ia diam sesaat dan kecepatannya meningkat menuju titik pusat di mana tingginya paling mungkin, dan pada titik itu telah mencapai kecepatan maksimumnya, kemudian didorong ke kiri. Kecepatannya menurun secara bertahap hingga mencapai ketinggian maksimumnya ke kiri, di mana kecepatannya menjadi nol kedua. Kemudian proses tersebut diulangi dari kiri ke kanan hingga mencapai titik tertinggi ke kanan dan kecepatannya menjadi nol, dan seterusnya. Energi gerak dan posisi pendulum berubah sepanjang waktu, tetapi jumlahnya tetap sama. Pada titik tertinggi ke kanan atau titik tertinggi ke kiri - saat pendulum bergerak dan kecepatannya mencapai nol - di sini energi posisinya sama dengan energi totalnya, (karena energi gerak bergantung pada kecepatan objek, dan jika objek diam, energi geraknya nol). Kemudian, pada kedua titik atas (kanan atau kiri), energi potensial berubah menjadi energi gerak, jadi kita dapati kecepatan bandul bertambah ke arah titik tengah bawah, dan pada titik tersebut energi posisi pendulum memiliki semuanya. telah diubah menjadi energi kinetik.


Eksploitasi energi potensial untuk menghasilkan listrik:


Bendungan biasanya digunakan untuk menampung air dan menghasilkan listrik. Energi potensial yang sangat besar yang tersimpan di sungai di belakang bendungan digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik di pembangkit listrik tenaga air. Di stasiun-stasiun ini, energi potensial air pertama-tama diubah menjadi energi kinetik ketika air jatuh dari atas, dan itu memutar turbin kita, yang pada gilirannya menjadi generator listrik, dan dengan demikian kita memperoleh energi listrik yang kita gunakan untuk meringankan dan mengoperasikan pabrik.

0 Comments

  • {{ comment.comment }}

    • {{ reply.comment }}

  • No Comments